Terapi Asma

Asma memang sangat mengganggu penderitanya. Penyakit saluran pernapasan dengan gejala menyempitnya saluran pernapasan akibat bakteri atau alergi tertentu ini membuat penderitanya kesulitan bernapas.

Untuk mengobati asma, yang lazim digunakan adalah obat semprot inhaler “Ventolin”. Ada pula tablet-tablet seperti Neo Napacin, Asthmasoho, Asthmasolon, dan lainnya. Namun, kekhawatiran akan dampak bagi ginjal membuat orang ragu untuk banyak mengkonsumsi obat. Demikian pula dengan ventolin yang ditakutkan dapat membuat kecanduan atau ketergantungan.

Nyatanya, ada beberapa obat tradisional yang dipercaya dapat menyembuhkan asma. Daging kalong (kelelawar buah) misalnya. Demikian pula dengan daging kelinci.

Berikut beberapa terapi untuk penyembuhan asma. Senam pernapasan tai chi ataupun berenang. Keduanya dipercaya dapat memperkuat dan memperpanjang pernapasan.

Ada pula terapi mudah yang saya dapat dari tante saya. Kebetulan anak tante – keponakan saya, menderita asma cukup akut sehingga harus sering diterapi di rumah sakit. Sang dokter juga menyarankan terapi di rumah yaitu dengan cara mengoleskan balsam atau vicks diseputar dada / paru2. Kemudian punggung ditepuk2. Gunanya selain melancarkan pernapasan sekaligus mengencerkan lendir di paru-paru.

Yang terpenting adalah bagaimana menjaga ketahanan tubuh agar asma tidak kambuh. Istirahat dan olahraga yang cukup, menjauhi alergen, dan terutama mengurangi begadang. Karena udara malam yang lembab akan berdampak buruk bagi kondisi paru-paru.

Sekian!

Advertisements

About Kania

SD-SMP Al Azhar Kemang Pratama | SMAN 8 Jakarta | Arsitektur ITB
This entry was posted in Daily Life and tagged , , . Bookmark the permalink.

2 Responses to Terapi Asma

  1. Jefry farhad says:

    Asmlkm,… kebetulan saudaraku ada indikasi Ashma, nah…berdasarkan ilmu tumbuhan ternyata terapi buah yang banyak mengandung beta karoten (JUS WORTEL + Kunyit,) ternyata cukup membantu,….diminum pagi dan sore,..setelah makan,..
    Ada yang mo coba…?Insya Allah bermanfaat-bebas efek samping

  2. Kania says:

    wah terimakasih mas jefry untuk infonya. Insyallah bermanfaat

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s